Home > basa basi > Mengenai Sudut

Mengenai Sudut


Bentuk penimpangan yang sering dijumpai adalah:
Aspherical aberration
Coma.
Astigmatism.
Pembengkokan medan.
Distorsi garis dan lengkung (barrel & pincushion).
Penyimpangan warna (chromatic aberration).

Lima penyimpangan yang pertama tadi adalah monochromatic dan dikenal juga sebagai Seidel aberrations. Goresan dan kotoran pada lensa tidak menyebabkan penyimpangan ini – fenomana penyimpangan adalah murni hasil dari [desain]] lensa tersebut. Tidak ada satupun lensa yang dibuat manusia bisa seratus persen bebas dari penyimpangan ini, namun para perancang lensa selalu berusaha mengurangi penyimpangan hingga sesedikit mungkin sesuai dengan target harga yang hendak dicapai oleh sebuah produk. Beberapa penyimpangan ini dapat dikurangi dengan cara stopping down atau menyetel lensa ke bukaan diafragma yang lebih sempit. 

Radian

Radian adalah satuan sudut dalam bidang yang dilambangkan dengan “rad”. Satuan sudut ini pernah masuk dalam kategori satuan tambahan SI yang kemudian kategori ini tidak lagi sejak tahun 1955 dan saat ini radian dianggap sebagai satuan turunan dalam SI.

Satu radian atau 1 rad adalah besarnya sudut yang dibentuk oleh dua buah jari-jari lingkaran berjari-jari 1 meter dan membentuk busur sepanjang juga 1 meter. Atau dalam gambar di samping r = b = 1 meter.

Panjang busur suatu lingkaran dapat dihitung langsung dengan mengalikan besarnya sudut dengan jari-jari lingkaran, apabila besarnya sudut telah dalam satuan radian.

Categories: basa basi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

leave a comment please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: