Home > basa basi > Mengenai Kalender

Mengenai Kalender


Sebuah kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu (seperti hari sebagai contohnya). Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender. Tanggal ini bisa didasakan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan. Kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (sebagai contoh, sebuah kalender dinding).

Sistim Kalender

Kalender yang digunakan secara umum ialah kalender solar, kalender lunar, kalender lunisolar, kalender persetujuan.

Kalender Lunar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan bulan (fase bulan); contohnya ialah Kalender Islam.

Kalender Solar adalah kalender yang di dasarkan dari musim dan pergerakan matahari. Contohnya ialah Kalender Persia, kalender hijri, dan kalender rum.

Kalender Lunisolar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan bulan dan matahari, seperti Kalender Bali, Kalender Yahudi sebagai contohnya.

Kalender Persetujuan adalah Kalender yang tidak disesuaikan dengan Bulan dan Matahari, contohnya adalah hari dan minggu Julian yang digunakan oleh pakar bintang.

Ada juga kalender yang nampaknya disesuaikan dengn pergerakan Venus, seperti beberapa Kalender mesir kuno. Kalender ini juga nampaknya sering di pakai di peradaban dekat katulistiwa.

Kalender Yang Dipakai Saat Ini

kalender kibti / qibti.

kalender ini adalah kalender bangsa mesir, dan saat ini masih terpakai secara rahasia oleh supranaturalis islam indonesia. Kalender ini punya banyak fungsi, yaitu untuk mengetahui kapan seseorang wafat, lahir, sembuh, dsb. Contohnya, dalam kitab karangan guru besar (seikh) abu hayillah al marzuki disebutkan bahwa jika orang pisces atau hut yg sakit mulai hari sabtu bulan kahik maka pertanda akan wafat. Dan memang ilmu falaq dalam kitab ini berlandaskan juga kpd kalender ini dan kalender rum atau romawi.

perhitungan tahun dan awal tahun

awal tahun dimulai tanggal 12 september yg terdekat. Dan tahunnya adalah tahun masehi – 283. Misal tahun 2008. Maka 2008-283 = 1725. Jadi tahun 2008 masehi adalah tahun 1725 qibti, yg mana awal tahun 1725 dimulai dari 12 september 2007.

nama bulan

jumlah bulannya 13, yaitu tutin, babah, hatur, kahik, tubah, amsyir, burmahat, burmadah, basnas, buknah, abib, misri, ayam nasa’. Dari tutin ke misri masing masing jumlah harinya 30 hari. Dan ayam nasa’ lamanya 5 atau 6 hari. 6 hari untuk tahun kabisat. Nama hari adalah ahad sampai sabtu (7 hari).

Advertisements
Categories: basa basi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

leave a comment please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: