Home > Taukah Kamu > Evolusi Gajah Butuh 24 Juta Generasi

Evolusi Gajah Butuh 24 Juta Generasi


SYDNEY, TI – Gajah, mamalia terbesar yang hidup di daratan Bumi, dipercaya berevolusi dari mamalia kecil seperti tikus yang hidup setelah dinosaurus punah 65 juta tahun yang lalu.

Ilmuwan menemukan bahwa dibutuhkan waktu 24 juta generasi bagi tikus untuk “berubah” menjadi gajah.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Alistair Evans, ahli biologi evolusi dari Monash University di Australia, menginvestigasi seberapa besar peningkatan masaa tubuh 28 ordo mamalia yang mungkin dicapai dalam 70 juta tahun.

Caranya dengan membandingkan ukuran mamalia terbesar pada waktu yang berbeda. Selanjutnya, menggunakan mamalia modern untuk mengestimasi ukuran di setiap generasi di setiap jenis. Sebagai langkah akhir, Evans memperkirakan waktu yang diperlukan bagi mamalia untuk bertambah ukuran.

Berdasarkan hasil penelitian, waktu yang diperlukan oleh tikus untuk berkembang menjadi mamalia besar seperti gajah lebih lama dari yang diperkirakan. Sebelumnya, ilmuwan memperkirakan bahwa evolusi hanya berlangsung 200.000 hingga 2 juta generasi.

“Ini memberitahu kita bahwa makroevolusi lebih lambat daripada mikroevolusi,” kata Evasn seperti dikutip Nature, Senin (30/1/2012).

Untuk membayangkannya, Evans menjelaskan bahwa jika manusia memusnahkan semua hewan yang lebih besar dari ukuran kelinci, maka dibutuhkan 5 juta generasi untuk menghasilkan hewan yang 1000 kali lebih besar atau sebesar gajah.

Jika diterjemahkan dalam satuan tahun, maka evolusi yang dibutuhkan adalah sekitar 20 juta tahun.

Penelitian juga mengungkap bahwa waktu evolusi mamalia air untuk menjadi sebesar paus lebih cepat. Diperlukan 3 juta generasi bagi mamalia laut untuk mencapai ukuran 1000 kali lipat. Menurut Evans, waktu yang lebih cepat dapat dipengaruhi oleh lingkungan air.

Evans dan timnya juga mengungkap bahwa penyusutan ukuran akan berlangsung lebih cepat dari yang diperkirakan. Menurut Evans, waktu penyusutan ukuran akan berlangsung 30 kali lebih cepat dari waktu peningkatan ukuran.

Apa faktor yang bisa menyebabkan penyusutan? Evans mengungkapkan, penyusutan bisa disebabkan oleh habitat, predator dan sumber makanan yang terbatas.

Categories: Taukah Kamu
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

leave a comment please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: