Home > Taukah Kamu > Death March !!

Death March !!


1.Bataan Death March

https://i0.wp.com/en.wikipilipinas.org/images/thumb/5/5a/Route_map_of_BataanDeathMarch.jpg/370px-Route_map_of_BataanDeathMarch.jpg 

Waktu Perang dunia 2 lagi santer2nya, Jepang yang berperang melawan sekutu berusaha merebut philipina yang dijaga oleh amerika serikat dan penduduk lokal disana. Dan salah satu pertempuran disana dikenal dengan nama battle of bataan.Perang itu selesai dengan menyerahnya 75,000 orang philipina dan Tentara amerika, di bawah komando Major General Edward “Ned” P. King, Jr kepada 54,000 tentara jepang dibawah Lt. General Masaharu Homma.
Tapi karna si jenral homma dianggap terlalu lunak dalam ngurusin tawanan,jepang pun ngeganti tuh jendral.Dan penggantinya ini punya rencana untuk memindahkan tawanan ini ke Camp O’Donnell yang dari sana berjarak 97km dengan berjalan kaki. Menurut militer jepang,jarak segitu cukup pendek buat berjalan kaki.Maka berangkatlah Para tawanan itu berjalan kaki 97km. Padahal si Jendral King udah menawarkan Truk2 nya amrik bwat ngangkut tawanan,tapi ama penggantinya si homma ditolak mentah2.


Selama perjalanan yang melelahkan itu mereka akan :
– gak dikasi makan/minum apapun
– di jemur panas2(maklum philipina kan rada panas)
– ada yang ketauan membawa makanan ato minuman dikit ato banyak langsung dibunuh
– ada yang nanyain tentang makanan/minuman/ato apapun langsung di bunuh
– ada yang bantuin temennya yang capek ato jatoh langsung di bunuh
– ada yang terjatuh ato tertinggal akan ditinggal ato dibunuh
– ada yang tekena penyakit,
– dehidrasi,luka yang gak disembuhin dibiarin begitu aja ama jepang dibiarin begitu aja ampe mereka mati
– kalo gak ada alasan yang pasti juga kadang2 dibunuh kok.

pembunuhan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bayonet ato pun samurai dengan alasan menghemat peluru. kebayang sakitnya kayak apa. dan yang selamat di perjalanan itu jadi 54000 orang dari 75000 orang yang berangkat

2.Sandakan Death March

https://i0.wp.com/www.awm.gov.au/exhibitions/stolenyears/images/maps/ww2sandakan_s.gif



dilakukan oleh jepang terhadap para 3600 romusha dari indonesia dan para tawanan perang dari ostrali ampe inggris yang berjumlah 2400. Pertama mereka di kapalkan menuju sandakan untuk membuat landasan terbang buat pesawatnya jepang ,disini mereka disuruh buat tuh landasan dengan makanan yang seadanya baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya(nasi basi dan kotor) dan memaksa para tawanan yang lagi sakit untuk tetap berkerja tanpa mendapatkan pengobatan. namun landasan itu akhirnya hancur di bom sekutu di januari 1945 dan memaksa Captain Susumi Hoshijima untuk memindahkan mereka dengan berjalan kaki menuju pegunungan di daerah ranau yang dari sana berjarak 260km…(pada saat itu jumlah orang2 yang bekerja buat jepang itu tinggal 1900 orang aja) Di perjalanan gila itu orang2 yang selamat tersebut melewati berbagai rawa,hutan dan pegunungan dengan makanan yang tak lebih dari setengah yang seharusnya dan masih tetap disuruh membuat kamp selama perjalanan.Para tawanan tersbut mati kelaparan maupun kelelahan dan yang tersisa dari perjalanan ini hanya berjumlah 38 orang saja di akhir juli. dan lagi2 yang tersisa dari bencana sakit,kelelahan dan kelaparan ini tetap di tembak mati oleh jepang.

3.Nazi’s Consentration Camp Death March

Kali ini oleh jerman nazi…
Waktu babak terakhir perang, nazi yang diserang abis2an ama soviet ato pun sekutu dari barat terpaksa memindahkan para tawanan di kamp konsentrasi supaya mereka gak dibebasin oleh mereka…
Mereka di bawa lebih ke dalam jerman tanpa makanan,istirahat,kedinginan dan medan yang ekstrem.Dan yang gak kuat,sperti biasa mereka bakalan di tembak mati!YAng paling besar terjadi di taon 1944-1945 saat soviet mulai mencaplok polandia yang tadinya milik jerman…
Jerman segera memindahkan mereka2 yang ada di Auschwitz berjumlah 60000 orang dengan berjalan kaki ato dengan kereta yang super sempit dan seandanya ke Wodzislaw,berjarak 35 mil dari sana…
Dan yang mati dari perjalanan itu mencapai 1 dari 4 orang…

Nazi juga kadang2 membunuhi orang-orang tersebut baik sebelum perjalanan,dalam perjalanan dan bahkan ketika mereka sampai ke kamp yang dituju tersebut…alasannya karna kamp Auschwitz itu kan gede banget,tapi di kamp yang baru itu hanya sedikit kapasitasnya. Dalam satu sorti death march yang berisi 7000 yahudi,dan 6000 diantaranya cewek,diarak menuju laut baltik(ditengah2 antara jerman,polandia,soviet,finlandia dan swedia). Dalam perjalanan 10 hari tsb, 700 orang dibunuh. Dan mereka2 yang sampai disana(di laut baltik) langsung disuruh loncat ke laut atau pun ditembak mati…

Dan diatas itu cuma contoh yang dari Auschwitz aja.Beberapa dari kamp lain ada yang disuruh baris di sungai dan diikat per-2 orang.Sehingga si tentara nazi ini(baca=ss) tinggal menembak 1 orang, lantas orang yang mati tersebut akan menyeret orang yang diikat kepadanya hingga terjatuh ke sungai yang deras dan berbatu…biar hemat peluru katanya…
Ada juga yang ditaroh di kapal dan diarahkan ke daratan inggris.Inggris yang mengira itu adalah tentara jerman langsung membom dan menenggelamkan orang2 tersebut…

Categories: Taukah Kamu
  1. 17/01/2012 at 12:35 pm

    Thanks a ton for your energy to have decided to put these things together on this website. Robin and i also very much loved your input through your own articles about certain things. I am aware that you have a number of demands with your schedule and so the fact that an individual like you took just as much time as you did to help people like us by way of this article is even highly treasured.

  1. No trackbacks yet.

leave a comment please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: